-->

Rabu, 28 Desember 2016

Pemilik bus PO Haryanto memiliki pendapatan 45 miliar perbulan

author photo
NGUPAS - Di sebuah gang tak jauh dari lampu merah Ngembal, Bae, terdapat sebuah pul bus. Pul tersebut milik Perusahaan Otobus (PO) Haryanto. Pul tersebut bisa menampung lebih dari 50 bus. PO yang melabeli bus dengan gambar Menara Kudus itu, omzet dalam sehari bisa mencapai Rp 125 juta.

Rajamudin satu di antara staf di perusahaan tersebut menuturkan, untuk penjualan tiket seluruh Jawa Tengah menghasilkan omzet sekitar Rp 125 juta sehari. Omzet tersebut hanya pemasukan dari tiket bus, belum usaha lain yang masih bersinergi dengan usaha PO. Usaha lain itu di antaranya SPBU dan rumah makan untuk fasilitas makan gratis bagi para penumpang PO Haryanto.

“PO Haryanto itu memiliki ratusan armada bus eksekutif, yang pasti mengisi bahan bakar. Dari pemikiran tersebut, untuk efisiensi anggaran pemilik mendirikan SPBU di daerah Kendal. Begitu juga rumah makan, pemilik PO mempunyai dua rumah makan. Satu di Gringsing sedangkan satunya lagi di Cikopo, Cirebon,” kata pria yang biasa di sapa Raja kepada Seputarkudus.com beberapa waktu lalu.


Dia menceritakan, PO Haryanto pertama kali berdiri hanya dengan tiga armada bus, serta hanya melayani rute Jakarta-Kudus, Pati, Jepara. Sekarang perusahaan tersebut memiliki ratusan armada bus dengan berbagai rute, bahkan sudah sampai Madura serta Solo. “Rencananya PO Haryanto ingin mendirikan pul di Madura dan Solo karena di sana penumpangnya juga banyak,” ujar Raja.

Raja menuturkan pada tahun ini PO Haryanto tercatat memiliki sekitar 158 armada bus ekskutif. Dan armada tersebut tiap tahun kemungkinan bertambah karena setiap tahun PO Haryanto ada kebijakan peremajaan armada.

Setiap Bus Haryanto memberangkatkan penumpang, armada bus diawaki dua orang sopir serta satu kondektur. Sedangkan untuk memaksimalkan penjualan tiket untuk mempermudah para calon penumpang untuk mendapatkan tiket, PO Haryanto bekerja sama dengan beberapa agen untuk penjualan tiket.

“Saat ini PO Haryanto mempunyai sekitar 101 agen resmi yang menjual tiket Bus Haryanto kepada penumpang di seluruh daerah tujuan bus. Semua agen beserta nomor ponselnya tertera di tiket penumpang Bus Haryanto,” ungkap Raja.

sumber: seputarkudus.com